Kayu Mahoni Untuk Mebel Jepara

Kayu mahoni untuk mebel jepara. Kayu mahoni memang sudah lama digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan mebel selain kayu jati. Kayu Mahoni ( Swietenia mahagoni ) termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35-40 m dan diameter mencapai 125 cm dengan batang berbentuk lurus berkulit retak2 seperti sisik berwarna coklat kehitaman.

Teritori tumbuhnya kebanyakan di asia dengan iklim tropis. Papan gergajian kayu mahoni berwarna merah kecoklatan dengan bagian pinggir berwarna hampir putih. Serat kayu mahoni halus dengan pori2 yang kecil sehingga produk mebel yang di hasilkan juga kebanyakan sangat halus.

Kayu Mahoni Untuk Mebel Jepara

kayu mahoni untuk mebel JeparaBanyak yang mengira produk kayu mahoni berkualitas di bawah produk berbahan dasar kayu jati. hal ini di sebabkan harga bahan baku kayu gelondong mahoni lebih murah jika di bandingkan kayu jati.

Namun pada praktek lapangan di industri mebel jepara, harga jual mebel dengan bahan kayu mahoni sedikit lebih mahal jika di bandingkan dengan produk kayu jati, hal ini di sebabkan pangsa pasar produk mebel berbahan kayu mahoni rata2 adalah untuk kebutuhan eksport yang memang berharga mahal.

Kayu Mahoni Untuk Eksport

Hampir semua produsen mebel jepara yang membuat produk dengan bahan kayu mahoni adalah untuk kebutuhan ekspor yang menuntut perlakuan bahan baku dan pengerjaan yang ekstra hati2. Perlakuan ini tentu saja memakan biaya yang lebih banyak yang secara langsung berimbas pada harga akhir produk.

Kayu mahoni yang di pakai untuk pembuatan produk mebel harus berdiameter besar, kebanyakan diatas diameter 30 cm. Karena kayu mahoni berdiameter kecil mempunyai struktur yang kurang stabil mudah menyusut dan juga lebih rentan terhadap hama. Kayu dengan diameter besar tentu saja mempunyai harga beli yang lebih tinggi di bandingkan dengan diameter kecil.

Harus Pakai Anti Hama

Kayu mahoni juga harus mendapat perlakuan anti hama, biasanya produsen mebel jepara merendam papan2 kayu mahoni di dalam larutan kimia anti hama, ada juga yang melakukannya dengan merebus papan2 kayu mahoni di dalam sebuah bejana besar yang berisi larutan anti hama dan air mendidih.

Proses ini tentu saja memakan biaya yang sangat berpengaruh terhadap harga jual akhir produk. Proses pengerjaan dan penyimpanan produk mahoni juga harus ekstra hati2 karena struktur dasar kayu mahoni rentan terhadap cuaca. Produk mahoni bisa menyerap kelembaban lingkungan yang bisa berakibat timbulnya jamur atau blue stain.

Kelebihan Kayu Mahoni

Namun terlepas dari segala kendala teknis diatas, kayu mahoni untuk mebel jepara sangat indah penampilannya. Di negara eropa kayu ini lebih populer di bandingkan kayu jati. Di gunakan oleh para cabinet maker untuk membuat produk furniture para bangsawan sejak zaman kerajaan dahulu.

Kayu mahoni juga dapat tumbuh besar dengan cepat, paling tidak lebih cepat dibanding kayu jati. Itu sebabnya papan yang bisa diperoleh dari log kayu mahoni juga bisa lebar2. Kalau papan nya lebar, dibikin jadi mebel jepara jadi bagus hasilnya.

Kayu mahoni bisa di cat duco, tidak seperti kayu jati yang bakalan timbul noda kekuningan akibat kadar minyak alami kayu jati yang merusak warna cat, kayu mahoni punya kandungan minyak yang relatif rendah, Jadi aman kalau mau di cat duco misalnya.

Kelemahannya

Menurut pengalaman kami, satu2 nya kelemahan kayu mahoni yang paling mengganggu adalah rentan hama. Kalau tidak di rebus gitu gak ilang hamanya, meskipun sudah di oles atau disemprot cairan anti hama kayu sekalipun, masih sering kali nongol lagi kok.

Kelemahan yang lain adalah kurang kuat, namun ini kalau dibanding kayu jati ya. Misal dibanding kayu pinus gitu ya jauh lebih kuat kayu mahoni. Namun kalau anda membayangkan punya mebel jepara yang kuat tahan lama, tahan air, tahan rayap dan tahan stress, ya bukan mahoni pakainya.

Kesimpulan

Keindahan produk kayu mahoni sudah tidak di ragukan lagi. Namun semua kembali tergantung pada selera pembeli yang entah lebih menyukai produk mebel jati atau mahoni.

Menurut kami, kayu mahoni untuk mebel Jepara ideal digunakan untuk design klasik, yang punya finishing cat duco, atau gold leaf. Jangan pakai kayu mahoni untuk furniture outdoor, atau untuk decking, karena kayu mahoni asal Indonesia tidak tahan air. Kalau anda mau maksa ya ndak apa2 sih, buat pengalaman kan…?

Dan juga semua penjelasan tentang kayu mahoni diatas adalah menurut pengalaman dan pengetahuan kami saja, Anda bisa menambahkan dan mengkritik apa yang sudah kami jelaskan dalam posting kali ini yang mengambil tema kayu mahoni untuk mebel Jepara.

Leave a Comment