5 Mesin Kayu Untuk Mebel Skala Rumahan

Postingan tentang mesin kayu untuk mebel ini mungkin berguna bagi anda yang sedang berencana bikin usaha mebel sendiri, terutama bagi anda yang mau usahanya skala kecil atau rumahan, jadi bisa ada bayangan mau beli mesin apa dan berapa biar tepat budget nya.

Sumber informasi yang ada disini berasal dari pengalaman kami sebagai salah satu pengrajin mebel Jepara dan juga dari pengalaman teman2 pengusaha mebel Jepara lainnya, jadi cukup akurat lah kalau hanya buat referensi saja. Kalau mau 100% akurat memang harus nyobain sendiri gan.

Ok jadi gini…pada dasarnya, ada 3 jenis mesin kayu yang dipakai di usaha mebel, yakni mesin pemotong seperti gergaji, mesin pembentuk/shaper seperti planner, dan mesin pembuat lubang kayak mesin bor dan mortiser. Masing2 jenis punya banyak varian dengan berbagai macam fungsinya spesifiknya.

Nah untuk anda yang mau bikin usaha mebel skala rumahan, simak sharing pengalaman kami tentang mesin apa yang harus dimiliki dan yang bisa di skip dulu belinya untuk permulaan.

1. Mesin Kayu Gergaji Circle

Mesin ini digunakan untuk memotong dan membelah kayu, juga dipakai untuk membuat purus atau tenon pada konstruksi mebel. Mesin ini waji dimiliki diawal, karena bakal repot sekali kalau harus belah kayu pakai gergaji tangan, meskipun ya tentu bisa saja sih, tapi ya repot…

Mesin ini ada yang bikinan pabrik dan ada juga yang bikinan sendiri. Kalau bikinan pabrik biasanya bahannya logam, baik besi dan aluminium dan plastik di beberapa bagiannya. Kalau bikinan sendiri biasanya pakai bahan kayu atau pakai besi siku yang di las manual.

Ini penampakan gergaji circle yang bikinan pabrik, harganya mulai dari 800 ribuan sampai puluhan juta. Kali ini kita pakai gambar dari merk ryu, murah meriah hanya 800 ribuan di marketplace dengan diameter gergaji 8 inch / 20cm.mesin gergaji

Kalau diatas itu mesin gergaji pabrikan, yang dibawah ini ada mesin circle yang homemade alias bikin sendiri, jangan salah lho, meskipun dari bahan sederhana, sering kali kapasitas dan akurasinya melebihi kemampuan mesin pabrikan yang low quality seperti mesin diatas.

gergaji circle rakitan

Saran kami kalau budget anda untuk beli mesin gergaji circle ini dibawah 3 juta, mending bikin sendiri dari kayu, jadi bisa dapat motor yang lebih kuat dengan diameter gergaji yang lebih lebar, daripada beli yang pabrikan tapi kapasitas terbatas banget.

2. Mesin Serut Tangan

Mesin ini wajib punya karena fungsinya adalah utama dalam pembuatan mebel, selain untuk menghaluskan permukaan benda kerja, mesin serut juga berfungsi untuk membentuk siku dan ukuran komponen yang tepat.

Mesin serut tangan ini banyak banget model dan merk yang beredar dipasaran, kalau anda ngerjain komponen2 yang kecil, maka kualitas entry level seperti modern, maktek, atau ryu sudah cukup. Tapi kalau ngerjainnya papan kayu keras seperti kayu jati, maka pakailah yang kualitasnya bagus sekalian.

Harga mesin serut tangan bermacem2, mulai dari yang paing murah harga 250.000 merk mailtank, sampai yang mahal kek bosch atau makita yang mencapai harga 1.2 juta. Tapi harga tergantung ukuran dan kapasitas mesin juga ya.

mesin kayu untuk mebel

3. Mesin Bor Tangan

Mesin kayu untuk mebel yang berikutnya adalah bor tangan, mesin ini juga harus punya karena fungsinya yang fital untuk membuat lobang seperti untuk dowel atau untuk menyekrup barang kerja.

Mesin bor banyak sekali jenis yang tersedia dipasaran, mulai dari yang ukuran kecil segenggaman tangan, sampai yang segede paha orang dewasa. Ada sih yang lebih gede lagi, tapi namanya bukan lagi bor tangan dong ya…

Harga mesin bor tangan mulai dari 200 ribuan saja mulai dari 150 ribuan merk kleiten? sampai yang jutaan merk makita. harga bor cordless atau yang pakai baterai tentu lebih mahal dibanding yang masih pake kabel, ya karena batre nya sendiri kan sudah mahal ya kan?

mesin bor cordless

4. Mesin Kayu Untuk Mebel – Profile/router

Mesin profil atau router memang tidak utama, namun sangat disarankan untuk punya karena fungsinya yang cukup banyak. Selain untuk membuat profil pada tepi benda kerja, mesin profil juga bisa digunakan untuk membuat lubang mortise/bobok, dan juga membuat lubang sambungan TNG (tongue and groove).

Mesin kayu untuk mebel jenis profil ini tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas mesinnya, mulai dari ukuran kecil segenggaman tangan sampai yang sebesar kaleng cat 5 kg juga ada.

Harga mesin profil mulai dari 200 ribuan merk JLD, sampai 5 jutaan merk makita yang besar. Kalau buat kerjaan ringan seperti bikin profilan pintu jendela, cukup pakai yang kecil saja. Tapi untuk pekerjaan berat seperti untuk buat sambungan TNG dan finger joint, maka profil ukuran besar lebih baik.

mesin router

5. Mesin Gerinda

Mesin kayu untuk mebel berikutnya adalah mesin gerinda, lebih tepatnya gerinda tangan. Mesin ini fungsi utamanya adalah untuk menghaluskan permukaan kayu pakai amplas. Namun bisa juga mesin ini dipakai untuk mesin potong, atau mesin shaper dengan mengganti mata pisaunya.

Mesin ini wajib dimiliki oleh pengusaha mebel, baik skala rumahan maupun skala industri besar sekalipun, karena tanpa mesin gerinda, proses amplas menghaluskan kayu akan sangat amat repot dan makan banyak sekali waktu.

Harga mesin gerinda tangan mulai dari harga 150 ribuan sampai 5 jutaan, tergantung kualitas bahan dan pengerjaan. Biasanya yang harga murah bahannya plastik dan aluminum cor yang kurang kuat, gampang rusak.

Saran kami beli yang agak mendingan kualitasnya, minim merk modern atau maktek. Kami sudah membuktikan kalau kedua merk ini cukup awet walaupun dibuat “hajar2an” tiap hari.

mesin gerinda

Kesimpulan

Misal anda mau bikin usaha mebel kecil2an dirumah, dengan tenaga kerja 2 orang termasuk anda sendiri, maka mesin2 yang diperlukan adalah sbb:

  1. Gergaji circle / Table saw 1 pcs, kalau bisa yang lumayan bagus kualitasnya, atau rakit sendiri pakai kayu atau besi siku, usahakan mata pisaunya bisa naik turun. Budget 3 – 5 juta
  2. Mesin serut tangan 2 pcs, merk modern atau maktek sudah lumayan, kalau mau yang lebih bagus lagi boleh pakai merk Makita. Budget 800 – 1,5 jt.
  3. Mesin bor, butuh 2 pcs supaya nggak gantian makenya. Merk maktek atau makita saja biar awet dan kuat. Budget 800 – 1 jt.
  4. mesin router, 1 pcs saja sudah cukup, pakai yang kualitas mendingan, harga kisaran 400 ribuan.
  5. Mesin gerinda tangan, butuh 2 pcs biar nggak gantian, satu bisa buat amplas kasar untuk tukang, dan satu bisa dibuat untuk amplas halus. Budget 700 – 1 jt.
  6. Alat2 seperti mata bor, gerinda, mata profile, mata gergaji, amplas, dan pernak pernik lainnya, budget kisaran 1 juta sendiri.

Jadi kurang lebih itu saja mesin kayu untuk mebel skala rumahan, dengan dana kurang lebih 10 juta untuk alat,dan 10 juta lagi untuk bahan baku, anda sudah bisa mulai bikin usaha mebel sendiri.

Oke oke memang tidak hanya itu, masih perlu tempat, listrik, dan mungkin pernak pernik lain yang dibutuhkan, namun dengan penjelasan diatas, anda mungkin sudah punya bayangan berapa banyak modal yang diperlukan untuk bikin usaha mebel sendiri.

Oiya…jangan lupa modal yang paling besar adalah SKILL dan kemauan untuk berkembang. Terima kasih sudah membaca, dan silahkan tinggalkan komentar jika ada yang mau ditanyakan atau ditambahkan. Terima kasih…

Leave a Comment